Sejarah Singkat

pondok-bwSMA Al-I’tishom, Grabag Magelang didirikan pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang, No. 188.4/552/17.3a/2008 tanggal 21 Pebruari 2008. Keputusan tersebut menyatakan bahwa SMA Al-I’tishom telah memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan program pendidikan pada tingkat menengah atas.

Ide pendirian SMA Al-I’tishom berawal dari aktivitas jamaah pengkajian tafsir al-Qur’an yang disampaikan oleh KH. Zaenal Musthofa Idris, Lc setiap setelah melaksanakan sholat subuh. Ide ini tercetus di kalangan sebagian jamaah tersebut pada bulan Ramadhan 1428 Hijriyah, yang kemudian ditindaklanjuti dengan pendirian SMA Al-I’tishom ini.

SMA Al-I’tishom berdiri di bawah Yayasan Al-I’tishom dengan akte notaris Kunsri Hastuti, SH. no. 9 pada tanggal 05 September 1997. Yayasan ini sudah mengadakan pendidikan pesantren yang diberi nama Tarbiyah al-Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) sejak tahun 1985. Dan SMA Al-I’tishom ini sesungguhnya merupakan pengembangan dari TMI tersebut.

SMA Al-I’tishom didirikan berdasarkan pemikiran bahwa pendidikan di Indonesia membutuhkan pondasi keagamaan yang kokoh. Porsi materi keagamaan yang sangat minim menjadi sebuah keprihatinan yang kemudian mencetuskan suatu gagasan SMA Al-I’tishom dengan system boarding yang memungkinkan materi keagamaan dapat disampaikan secara lebih proporsional.

Karena Islam adalah agama yang diturunkan untuk seluruh umat manusia, berisi peraturan hidup dan kehidupan yang menjamin keselamatan serta kedamaian bagi pemeluknya di dunia dan akhirat, maka diharapkan SMA Al-I’tishom dapat secara efektif membekali para siswa dengan akhlakul karimah yang dilandasi keilmuan yang mantap.

Print Friendly