Liburan Hafal 55 Bait ‘Imrithi

kitab-kuning-download

Sekisah tentang mengisi hari libur semester, siswa kelas 10 SMA Al-I’tishom Grabag. Ini bukan tugas pondok, melainkan hanya semacam ‘sayembara’, barangsiapa yang ‘nyuri start’ hafalan ‘Imrithi terbanyak ketika liburan, ada hadiah buku saku Majmu’at (kumpulan Al-Ajurumiyyah, ‘Imrithi, Alfiyyah Ibnu Malik, dll)

Tadi ketika KBM hari kedua, ada salah satu siswa yang maju, menyetorkan hafalan 55 bait ‘Imrithi nya. Salah satu siswa kelas 10 SMA Al-I’tishom Grabag, nama lengkapnya Hanif Muhammad Muntashir. Alhamdulillah, disetorkan dengan lancar dari bait pertama hingga yang dihafal. Siswa lain ada juga yang telah hafal sekitar 20 bait.

Pencapaian ini bukan paksaan, bukan juga target. Murni muncul dari semangat siswa yang menggebu untuk mendalami ilmu. Dibumbui dengan sedikit prestasi sosok pendahulu, yang hafal 170 bait ‘Imrithi dalam dua minggu. Sosok pendahulu itu bernama Muchlisin, alumnus SMA Al-I’tishom angkatan ketiga, sekarang mengenyam bangku perkuliahan di LIPIA Jakarta. Sosok pendahulu lain juga rata-rata hafal 40 bait dalam liburan dua minggu itu.

Teruslah berprestasi wahai ananda, bahagiakan kedua orang tua, dengan prestasi yang membuat gembira. Para generasi pendahulu ini punya cita-cita satu, agar adik-adik kelasnya lebih sukses. Jika sang kakak hanya hafal 10 juz ketika lulus, maka generasi selanjutnya harus 15 juz minimal. Seperti itulah harapan kakak kepada adiknya, harapan guru kepada murdinya.

Suatu kebahagiaan yang sulit diungkap kata-kata, adalah bisa melihat sang adik berhasil meniti tangga-tangga kesuksesan, sang guru bisa melihat muridnya berdiri tegak dengan segudang prestasi.

Teruslah mengukir prestasi wahai pemuda, semoga Allah golongkan kalian kepada golongan pemuda yang tumbuh dalam menghamba Sang Pencipta. Karena golongan inilah golongan yang mendapat naungan di hari kiamat kelak.

Semoga tulisan ini bisa menginsirasi bagi siswa-siswa lain, bahwa menuntut ilmu itu akan berbalas mulia, muda dan dihabiskan untuk beribadah kepada Allah itu luar biasa. Semoga banyak terlahir generasi Quranist and Scientist dari SMA ini. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

——-

Rabu, 5 Rabiul Akhir 1438 H
Ponggol, Grabag
Faisal Amri (alumnus SMA Al-I’tishom angkatan ketiga)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *