activity02SMA al-I’TISHOM menerapkan sistem asrama (boarding system). Hal ini dimaksudkan agar pembinaan dan pengawasan serta penanaman nilai-nilai Islam kepada siswa dapat diberikan secara lebih proporsional, intensif dan kontinyu.

Untuk mencapai kompetensi siswa yang diharapkan maka selama masa studi dan tinggal di asrama diterapkan metode pendekatan Keteladanan (uswah) dan Pendampingan (shuhbah). Dengan pendekatan keteladanan berarti seluruh pengelola sekolah termasuk di dalamnya pengampu dan karyawan harus senantiasa berusaha agar dapat dijadikan suri teladan (uswah) bagi siswa.

Sedangkan pendampingan (shuhbah) dimaksudkan agar siswa tetap mendapat pengawasan dan bimbingan terus menerus sehingga dapat memanfaatkan waktunya secara efektif selama masa studinya dan tinggal di asrama. Dalam pelaksanaannya pendampingan ini dilakukan dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang masing-masing beranggotakan sekitar 5-8 orang dan setiap kelompoknya pada setiap kegiatan mandiri didampingi oleh seorang pendamping. Pada awal pendirian sekolah, pendampingan dilakukan oleh pengelola sekolah akan tetapi pada tahun berikutnya pendamping diambilkan dari kakak kelas setelah melalui proses seleksi menyeluruh secara ketat.

Pembinaan Life Skill juga diberikan kepada siswa selama masa studinya yang meliputi: elektronika, komputer, robotika, jurnalistik & broadcasting. Hal ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada siswa untuk berkiprah di masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi kelak.

Sedangkan Untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang terpadu maka pada seluruh mata pelajaran akan digunakan buku ajar yang disusun oleh team al-I’TISHOM. Pada setiap buku ajar tersebut dicantumkan kutipan ayat suci Al-Qur’an dan As Sunnah serta penjelasan peran cendekiawan muslim pada pengembangan metoda/teori terhadap setiap topik yang berkaitan. Dengan demikian maka peserta didik akan menjadikan Al Qur’an dan As Sunnah sebagai referensi utama selama mengikuti proses belajar-mengajar di SMA al-I’TISHOM dan baik secara langsung maupun tidak langsung akan tertanam kebanggaan sebagai muslim serta kecintaan terhadap Islam, Al Qur’an dan As Sunnah.

Print Friendly, PDF & Email